Lampu pintar merupakan lampu yang memiliki kemampuan untuk dikendalikan oleh sebuah perangkat kontrol digital melalui teknologi nirkabel (saat ini telah didukung oleh Wifi).


Perangkat kontrol digital tersebut akan mengirimkan data untuk mengaktifkan atau memadamkan cahaya, mengatur intensitas kecerahan atau keredupan cahaya, mengganti warna cahaya, membuat cahaya berkedip dan sebagainya.

Lampu pintar menggunakan Teknologi LED, yang juga memiliki kelebihan, yaitu lebih hemat energi dan tidak panas, sehingga mampu mengurangi emisi karbon dalam jangka panjang.

Dalam perkembangannya mengikuti kemajuan teknologi, lampu pintar telah mampu berinteraksi dengan berbagai perangkat digital yang sering digunakan konsumen, seperti smartphone, tablet dan gadget lainnya. Bahkan beberapa vendor, seperti Amazon Alexa, Google Home dan Apple HomeKit, telah membuat lampu pintar yang dapat diperintah melalui suara, menyimpan kebiasaan kita dalam mengaktifkan lampu, menyimpan selera pengaturan warna dalam ruang dan sebagainya.

Tentunya dengan lampu pintar, kita tidak hanya memiliki rumah yang menawan tetapi kita sekaligus memiliki rumah yang modern.

 

 

 


Philips Hue LED

 

 

Jika kita ingin memiliki rumah meneawan sekaligus modern, Philips Hue adalah pilihan yang tepat.

Philips Hue sangat handal. Selain tahan lama dan hemat energi, lampu ini juga kompatibel dengan Amazon Alexa, Google Home dan Apple HomeKit. Sehingga memiliki sangat banyak kelebihan, seperti :

 

1. Dapat dikendalikan secara nirkabel melalui jaringan Wifi dan jalur internet.

Kita tidak lagi membutuhkan saklar-saklar yang tertanam pada dinding. Kita tinggal memilih untuk mengendalikannya melalui samrtphone atau melaalui perangkat pengendali melalui suara yang dimiliki oleh vendor asisten rumah digital.

Dengan smartphone dan asiten rumah digital, Kita bisa mengatur lampu untuk aktif atau padam, berubah warna, berkedip dan sebagainya, bahkan saat kita tidak sedang berada di rumah.

Tetapi bagaimana jika kita kurang suka mengendalikan lampu menggunakan ponsel atau asisten rumah digital?

Jangan kuatir, Philips sudah melengkapinya dengan Philips Hue Dimmer Switch. Philips Hue Dimmer Switch tak hanya bekerja sebagai saklar, tapi juga bisa untuk mengatur gelap-terangnya lampu. Pemasangannya bahkan sangat mudah, tak perlu bongkar-bongkar instalasi listrik karena semuanya nirkabel.

 

2. Memiliki 16 Juta kombinasi warna.

Jika pada lampu konvensional pilihan warnanya tentu sangat terbatas. Satu lampu hanya punya satu tipe. Terkadang kita ragu saat memilih antara cool daylight (CDL) atau warm white (WW).

Kelebihan Hue bukan hanya CDL dan WW saja, tetapi setiap lampu Hue mampu memberikan pilihan 16 juta kombinasi warna RGB.

Dengan Hue, setiap lampunya berguna untuk berbagai kebutuhan pencahayaan, kita akan dapat selalu memilih tema warna sesuai dengan suasana yang kita inginkan, kapan pun.


3. Memiliki berbagai fitur teknologi canggih

Dengan bantuan aplikasi, Hue juga dapat menyimpan berbagai pengaturan, seperti membangunkan kita saat alarm digital menyala dengan berkedap-kedip.

Menyala sendiri sesuai waktu yang telah kita atur saat waktu menjelang malam dan mati atau redup saat waktu beristirahat malam.

Bahkan kita dapat pula menghubungkan Hue dengan aplikasi seperti email dan chatting, untuk menjadi notifikasi.

Buat anda yang suka mendengarkan musik dengan cahaya yang mengikuti suara musik, Hue juga mampu melakukannya.


4. Memiliki Motion Sensor

Philips menyediakan add-on menarik berupa sensor yang mampu mendeteksi gerakan manusia. Sehingga lampu akan menyala secara otomatis saat Anda memasuki ruangan.

Sensor tersebut akan mendeteksi ketika ada seseorang yang lewat di depannya dalam jarak hingga 5 meter. Ketika mendeteksi gerakan, motion sensor ini langsung mengirim perintah dan lampu akan menyala dalam waktu kurang dari 1 detik.

 

Memasang Hue di Rumah

1. Miliki starter kit (paket perdana Hue). Paket berisi 3 lampu Philips Hue dan 1 perangkat Bridge.

 

2. Perangkat Bridge harus dihubungkan dengan listrik dan internet kabel (ethernet)

 

3, Jika ingin memiliki lebih banyak lampu, dapat dibeli secara satuan, 1 perangkat Bridge dapat mengkontrol 50 lampu Hue yang tahan hingga 25.000 jam pemakaian.

 

4. Pemasangan lampu sepeti layaknya lampu bohlam biasa, tinggal putar saja.

5. Unduh aplikasi Hue di ponsel atau sambungkan dengan asisten rumah digital.

 

6. Lakukan konfigurasi

7. Jika ingin memiliki saklar, miliki Philips Hue Dimmer Switch.

 

8. Apabila kita ingin lampu tersebut memiliki kemampuan sebagai asisten rumah digital agar bisa dikendalikan melalui suara, miliki pula produk asisten rumah digital dari Amazon Alexa, Google Home atau Apple HomeKit

 

8. Untuk memiliki kemampuan mendeteksi gerakan manusia, miliki Philips Hue Motion Sensor.

 

7. Agar memberikan nuansa pencahayaan yang lebih bervariasi, kita dapat membeli varian lampu lain, misalnya Philips Hue Lightstrip yang fleksibel untuk mengakomodasi kreativitas Anda.

 

 

 

trendingrumah.com 
Informasi Rumah dan Produk Isi Rumah Terlengkap