Bangunan Hunian bernama KSG Home Studio ini terletak di Guadalajara, Mexico, dimana bentang alam disana memiliki kontur tanah yang tidak rata dimana banyak daerah perbukitan dengan ngarai-ngarai yang curam.

Bagitupula dengan rumah ini, dibangun diatas tanah dengan lahan persegi panjang yang memiliki kontur yang tidak rata. Posisi jalan berada di depan rumah dan terdapat ngarai dibelakangnya.

 

 

Rumah ini dirancang untuk dua fungsi utama, yaitu sebagai studio dan rumah. Pemiliknya berasal dari Jepang, sehingga arsitek yang membidaninya, Hernández Silva, harus merencanakan dengan hati-hati agar dapat menyesuaikan rumah sesuai dengan kultur yang dimiliki penghuninya.

 

 

Bagian Studio terletak di atas garasi merupakan ruangan yang sangat luas, jika dari luar tampak seperti kontainer.

 

 

Bagian Rumah sebagai tempat tinggal didominasi dengan warna putih, dimana lantai bawahnya berfungsi sebagai area sosial dan lantai atasnya untuk kamar-kamar tidur. Dari lantai atas ini pula kita dapat mengakses studio melalui sebuah lorong. 

 


Hernández Silva menekankan 3 faktor dalam desainnya, yaitu fungsi, bentuk dan struktur bangunan.  

 

Secara fungsi, ia ingin ruang utama yang berada dalam garasi dan ruang yang berada didekat jalan yang berfungsi untuk menerima tamu, keduanya terhubung dengan jalur sirkulasi yang independen.

 

 

Sementara untuk masalah bentuk, ia berusaha untuk memasukkan unsur khas ethnik jepang dan mencampurnya dengan elemen-elemen netral, diantaranya melalui penggunaan kayu-kayu.


Dalam membangun struktur, ia menempa balok "H" dari 35x35 untuk memungkinkan beridirinya ruang terbuka yang besar.

 

 

 

Credit :
Arsitek Hernandez Silva

 

trendingrumah.com 
Informasi Rumah dan Produk Isi Rumah Terlengkap