Bank Indonesia (BI) bersama dengan para pengusaha properti kini tengah merancang aturan pembayaran uang muka (DP) kredit kepemilikan rumah (KPR) dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat untuk memiliki rumah.
Salah satu bahasan dalam pertemuan tersebut adalah kebijakan DP 0% dan DP 15%.
(25/06/2018).

Ketua umum Kamar dagang dan industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani yang hadir sebagai wakil bidang usaha dengan Real Estate Indonesia (REI) dan beberapa pengembang mengatakan bahwa memang ada pembicaraan tersebut dan keputusannya belum final. BI masih harus menyempurnakan lagi aturan tersebut serta menilai masih harus membicarakan hal ini ke Perhimpunan bank-bank umum nasional (Perbanas).

Menurut Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono, kebijakan tersebut sebenarnya bukan lah hal baru. Kebijakan ini juga bisa diterapkan di program kepemilikan rumah yang dirilis pemerintah.

"Sebetulnya ketentuan itu ada yaitu untuk KPR-KPR yang program pemerintah yang untuk membantu kepada masyarakat yang tidak mampu, karena dia membutuhkan waktu untuk mengumpulkan uang muka dan ini diberikan kepada masyarakat yang memiliki gaji tetap dan tersimpan di bank, agar pembayarannya setiap bulan lancar."(25/06/2018).

Ternyata pengamat Ekonomi Aviliani berbeda pendapat saat ditanyai mengenai rencana kebijakan tersebut, menurutnya, dengan DP 0% masyarakat seolah menjadi kurang bertanggung jawabnya, opsi 5-10% lebih baik, agar masyarakat terbiasa bertanggung jawab menjalankan cicilan.

Kebijakan DP rumah 0% yang tengah digodok BI ini tentunya juga mengingatkan kita pada janji kampanye Anies-Sandi saat pertarungan kursi gubernur yang lalu. Janji tersebut lah yang menjadi salah satu hal yang mengantarkan mereka memenangkan pertarungan tersebut.

DP 0% pastinya sangat menarik perhatian masyarakat kecil ingin memiliki rumah, karena umumnya mereka sanggup membayar cicilan tetapi tidak punya dana untuk DP. Tentu saja harus ada batasan untuk siapa kebijakan tersebut layak diberikan agar tidak menimbulkan masalah baru nantinya.

 

trendingrumah.com 
Informasi Rumah dan Produk Isi Rumah Terlengkap 

 


Informasi Lainnya